Wednesday, July 20, 2011

Surprises

Jakarta, 15 Juli 2011
Twit pertama saya pagi ini adalah : Selamat Pagi, Tuhan Yang Selalu Memberikan Kejutan Yang Luar Biasa. Pagi ini juga, saya mendapatkan notifikasi di facebook yang memberitahukan bahwa teman saya di bangku kuliah yang juga teman satu SMA saya sudah menulis bukunya sendiri. Menurut saya ini semua luar biasa khan? Semua kejutan yang terjadi dalam hidup kita, entah memberikan warna-warni yang cerah atau warna pekat, yang jelas, semuanya akan memberikan warna dalam perjalanan hidup yang diberikan pada kita ini.

Ketika saya membuat keputusan untuk meninggalkan pekerjaan yang saya jalani hampir selama dua tahun terakhir ini, saya mendadak merasa sangat tua. Mengapa? Karena ketika saya melakukan pekerjaan yang sangat menuntut dan membutuhkan 12 – 18 jam sehari ini, saya secara perlahan menjadi terlalu bertanggung jawab dan lupa bagaimana rasanya menjadi anak kecil. Saya merasa dalam setiap detik yang saya lalui, harus selalu siap memikul semua beban dalam setiap keputusan yang saya ambil. Saya lupa rasanya untuk bersenang-senang dalam menjalani hidup, kebahagiaan merasakan suatu kejutan dalam hidup dan merayakannya.

Kejutan dalam hidup, tidak selalu menyenangkan karena terkadang menyedihkan atau bahkan menimbulkan berbagai macam perasaan tidak enak dalam hati kita. Tapi menurut saya, kejutan-kejutan tersebut seperti petasan yang membuat malam yang biasa meledak dengan suara dan warna-warninya. Awalnya pasti terkejut, tapi pada akhirnya kita tertawa karena mengajarkan kita untuk tidak terlalu serius dalam menjalani hidup. Kejutan itu mungkin tidak secara langsung berhubungan dengan kita, tetapi terkadang bersinggungan, misalnya peristiwa yang saya berikan di awal tulisan ini. Entah mengapa (mengingat saya hanya teman biasa, dan tidak memiliki kedekatan atau hubungan khusus dengan teman yang menulis buku tersebut), saya ikut senang dan bangga dengan teman saya itu, karena saya tahu dia seseorang yang cerdas dan pantas mendapatkan penghargaan dalam bentuk diterbitkannya buku tersebut.

Menutup tulisan ini, mendadak saya teringat dengan jawaban dari Ibu saya ketika saya mengatakan untuk keluar dari pekerjaan saya tanpa memiliki pekerjaan cadangan adalah : nikmati waktumu untuk beristirahat dan kumpul dengan semua keluargamu disini, kadang hidup memberikan kejutan yang tidak pernah kamu sangka dan akan membuatmu tertawa. My mom, the best mom in the world and wise mom in the world. So, lift your glass, says “cheers” and enjoy your life.

Cheers,
Amel

No comments:

Post a Comment